APE atau Alat Permainan Edukatif adalah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari pembelajaran anak usia dini. Karena karakteristik anak usia dini yang belum dapat mengembangkan pemikiran sbtrak, mengharuskan pendidik untuk mengembangkan kreativitas dalam pengembangan media pembelajaran, yang salah satunya adalah APE.

 

Pameran APE kali ini diselenggarakan oleh prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) STAI Al Hikmah Tuban dalam rangka menyambut maha Ujian Akhir Semester, dimana salah satu ujian matakuliah kompetensi mahasiswa adalah pengembangan APE sebagai bahan ajar dalam pembelajaran anak usia dini. Pameran ini dibuka selama seminggu penuh, yaitu mulai hari Senin sampai Ahad, tanggal 08 sampai 14 Januari 2018, bertempat di Gedung A Kampus STAI Al Hikmah Tuban.

 

Beragam bahan, bentuk, warna, fungsi serta cara penggunaan APE yang dipamerkan dalam acara tersebut. Kesemuanya dibuat sendiri oleh mahasiswa PIAUD STAI Al Hikmah Tuban untuk memenuhi tugas beberapa matakuliah yang mereka tempuh. Pengunjung pun tak pernah sepi tiap harinya. Banyak mahasiswa STAI Al Hikmah dari prodi PIAUD maupun dari prodi lain yang berkunjung ke lokasi pameran untuk menambah wawasan dan inspirasi pembelajaran. Selain untuk internal kampus, pameran ini juga dibuka untuk umum. Dan salah satu pengunjungnya adalah rombongan dari lembaga RA. Muslimat 02 Yayasan Nurul Huda Sembung Parengan Tuban.

 

Dalam kunjungan tersebutm tentu saja siswa dipandu untuk melihat-lihat APE yang telah dijajar rapi dan menarik layaknya galeri-galeri dalam pameran. Kemudia sesi dilanjutkan dengan peragaan penggunaan APE oleh beberapa mahasiswa PIAUD STAI Al Hikmah Tuban. Dalam wawancaranya, Ibu Nurul Novitasari, M.Pd.I selaku ketua laboratorium microteaching PIAUD yang menyelenggarakan acara ini menyampaikan bahwa “acara semacam ini akan menjadi kegiatan rutin prodi untuk terus memperbarui ide dan kreativitas mahasiswa dalam pembuatan APE, sekaligus untuk mengasah jiwa kewirausahaan yang juga merupakan salah satu matakuliah dalam prodi PIAUD”. ( )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *