Tuban (19/2/2018) STAI Al Hikmah Tuban telah menerapkan KKN dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR) dalam beberapa tahun. Participatory Action Research (PAR) atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan Riset Aksi Partisipatif memiliki tujuan untuk pembelajaran dalam mengatasi masalah dan pemenuhan kebutuhan praktis masyarakat, produksi ilmu pengetahuan, dan proses perubahan sosial keagamaan.

Pada tahun 2018 ini, salah satu lokasi yang digunakan untuk KKN PAR  STAI Al Hikmah Tuban adalah salah satu desa di Kecamatan Bangilan, yaitu Desa Sidokumpul. Selain memiliki wilayah yang cukup luas, desa ini juga memiliki banyak potensi.Salah satu potensi yang ada di sana adalah adanya cukup banyak industri tahu dan tempe, baik dalam skala besar maupun kecil.

Para mahasiswi KKN telah berdiskusi baik dengan warga ataupun perangkat desa terkait potensi tersebut, dimana ampas dari produksi tahu dan tempe yang cukup banyak tersebut akan dimanfaatkan untuk proses penggemukan sapi. Program tersebut nantinya akan dilaksanakan melalui program BUMDES. Namun, terdapat masalah yang muncul di sini, karena BUMDES merupakan suatu program yang baru, baik bagi masyarakat maupun perangkat itu sendiri.

Oleh karena itu, mahasiswi KKN PAR  STAI Al Hikmah Tuban menjadi fasilitator untuk membantu warga dan perangkat Desa Sidokumpul, dan wargapun bersepakat untuk belajar tentang manajemen BUMDES dengan mendatangkan salah satu NGO di Bojonegoro, yaitu IDFoS Indonesia. Acara pelatihan tersebut dilaksanakan pada tanggal 19 Februari 2018 pada pukul 13.00 di Balai Desa Sidokumpul. Acara ini diikuti oleh 20 peserta, baik dari warga maupun perangkat.

Dalam acara ini pihak IDFoS Indonesia diwakili oleh Direktur IDFoS sendiri, Bapak Joko Hadi Purnomo, SE., ME., M.Si serta Ibu Laily Mubarokah. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) tim KKN PAR untuk Desa Sidokumpul juga turut hadir, yaitu Ibu Hj. Fathonah K. Daud, Lc. M.Phil dan Niswatin Nurul Hidayati, S.S., M.A.

Dalam acara yang berlangsung dari pukul 13.00 sampai 16.00 ini, pihak IDFoS menyampaikan beberapa materi, termasuk peraturan atau undang-undang terkait BUMDES, proses pembentukan BUMDES, Struktur organisasi, macam-macam jenis usaha untuk BUMDES, termasuk perhitungan untuk pengelolaan atau proses penggemukan sapi yang memang diinginkan oleh Desa Sidokumpul

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *