Skripsi/Tugas Akhir merupakan karya tulis ilmiah yang dikerjakan mahasiswa menjelang akhir studinya. Karya tulis ini dapat berupa hasil kegiatan penelitian, studi literature, studi kasus dan/atau perancangan dengan melakukan analisis keilmuan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. Dalam meyelesaikan tugas akhir sebagai syarat mendapatkan gelar Sarjana, mahasiswa harus melalui serangkaian kegiatan yang saling berkaitan. Rangkaian kegiatan tersebut dimulai dari:

  1. Pengajuan tema/topikskripsi/tugas akhir kepada ketua program studi atas persetujuan Dosen Penasehat Akademik dengan mengisi formulir Pengajuan Penyusunan Skripsi/Tugas Akhir dengan mencantumkan skripsi dalam KRS.
  2. Dosen pembimbimbing skripsi/tugas akhir ditentukan oleh prodi.
  3. Setelah skripsi disetujui pembimbing, mahasiswa diwajibkan mempresentasikan skripsinya pada saat ujian skripsi pada hari yang telah ditentukan oleh panitian ujian skripsi atas persetujuan masing-masing program studi.
  4. Mahasiswa yang tidak menyelesaikan penulisan skripsi/tugas akhir pada rentang waktu 2 (dua) semester aktif terhitung sejak dicantumkan dalam KRS, diberi perpanjangan selama-lamanya 2 bulan. Jika sampai batas waktu tersebut belum selesai, mahasiswa harus mengganti judul skripsi dan memulai proses penulisan skripsi baru.

Penulisan skripsi merupakan hal yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa yang menempun program sarjana, tentu saja termasuk bagi mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dan Ahwal Syakhsiyyah (AS) yang ada di STAI Al Hikmah Tuban. Di tahun 2018 ini, ujian skripsi diikuti oleh 57 Mahasiswa MPI dan 12 Mahasiswa AS setelah melakukan proses bimbingan selama satu semester penuh.

57 mahasiswa MPI yang mengikuti ujian skripsi di atas telah dibimbing oleh 10 dosen pembimbing yang kompeten di bidangnya, yaitu Hj. Nurotun Mumtahanah, S.Ag., M.Pd.I., Siti Fatimah, S.Pd.I., M.Pd.I., M. Thoyyib, S.Pd.I., M.Pd.I., Zulfatun Anisah, S.Pd., M.Pd., Muhammad Rouf, S.Pd.I., M.Pd., Mujib Ridlwan, S.Ag., MA., M.Si., Zakiyah Kholidah, S.Pd.I., M.Pd.I., Niswatin Nurul Hidayati, S.S., M.A., Arif Syamsurrijal, S.Ag., MA., serta M. Yusuf Aminuddin, S.Pd.I., M.Pd. Sedangkan 12 Mahasiswa AS dibimbing oleh 6 dosen pembimbing professional, yaitu Hj. Fathonah K. Daud, Lc., M.Phil., H. Herfin Fahri, Lc., MHI., Nur Puat, S.Ag., MM., Muhammad Aziz, MHI., Fira Mubayyinah, SH., MHI., serta Al Mas’udah, SHI., MH.

 

Pelaksanaan ujian skripsi pada tahun 2018 ini dilaksanakan berdasarkan pada Surat Keputusan Ketua STAI Al Hikmah Tuban No. 255/SK/STAISA/VIII/2018, dengan ketua panitia Niswatin Nurul Hidayati, S.S., M.A., Sekretaris Nur Lailatul fitri, dan bendahara Agus Purnomo, S.Pd.I. Ujian skripsi ini dilaksanakan pada tanggal 24 dan 25 September 2018, dimana masing-masing ruang ujian skripsi terdapat Ketua Sidang, Sekretaris sidang, serta dua penguji. Pelaksanaan ujian skripsi dilaksanakan dengan juknis sebagai berikut:

  1. Mahasiswa masuk ruang sidang dengan membagikan skripsi kepada Penguji I, Penguji II, Ketua Sidang, dan Sekretaris Sidang
  2. Ketua sidang membuka sidang ujian skripsi dan mempersilahkan mahasiswa untuk presentasi
  3. Mahasiswa mempresentasikan skripsi nya selama 7 sampai 10 menit
  4. Penguji I menguji tentang latar belakang, rumusan masalah, kerangka teori dan isi (20 menit)
  5. Penguji II menguji tentang metodologi penelitian dan sistematika penulisan (10 – 15 menit)
  6. Mahasiswa menyampaikan kesimpulan dan saran selama 3 menit
  7. Sekretaris sidang menjelaskan catatan yang harus direvisi (jika ada)
  8. Ketua sidang menyampaikan apakah mahasiswa dinyatakan:
  9. Lulus tanpa re visi
  10. Lulus dengan revisi
  11. Tidak lulus
  12. Sidang ditutup
  13. Durasi waktu pelaksanaan ujian skripsi adalah 50 sampai 60 menit

 

Catatan:

  1. Hasil revisi diserahkan paling lambat 7 x 24 jam setelah ujian skripsi dilaksanakan
  2. Hasil revisi cukup ditandatangani sekretaris setelah diperiksa terkait dengan revisi pada saat ujian, kemudian dikumpulkan di bagian Tata Usaha STAI Al Hikmah Tuban
  3. Apabila terjadi perubahan judul skripsi pasca ujian berlangsung, maka harap segera dikomunikasikan ke Bapak Edi Kisyanto, S.Pd.I. untuk proses pendataan ijazah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *