Setiap akhir bulan Sya’ban, menjelang Ramadlan, dan menjelang Syawwal Kementerian Agama selalu menggelar pemantauan hilal (Ru’yah Hilal) untuk penetapan awal bulan Ramadlan dan 1 Syawwal. Pemantauan ini tersebar ke beberapa titik di 32 propinsi seluruh wilayah Indonesia. Adapun kegiatan rukyatul hilal di Tuban diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Tuban yang bertempat di Menara Rukyatul Hilal Banyuurip Senori Tuban.

Dalam kesempatan ini, pada 29 Sya’ban 1439 H/15 Mei 2018 M, mahasiswa STAI Al Hikmah Tuban Program Studi Ahwal Syaksiyah ikut serta dalam kegiatan rukyatul hilal yang diselenggarakan Kementerian Agama Kabupaten Tuban yang bertempat di desa Banyuurip Senori Tuban. Ini adalah kali ketiga mahasiswa semester 6 Prodi Ahwal Syakhsiyyah ikut terlibat dalam kegiatan ini untuk menambah wawasan secara langsung dalam bidang Ilmu Falak. Kegiatan ini juga dihadiri oleh BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) Pusat, disaksikan MUI kab Tuban dan Kemenag.

Dalam acara tersebut, para mahasiwa didampingi oleh bapak Nur Puat, S. Ag., M.M selaku Tim Badan Hisab Rukyat Tuban agar mahasiswa bisa bertanya terkait hal-hal yang belum difahami di lokasi. Menurut M. Firman Taufik (mahasiswa), tim rukyatul hilal kali ini tidak dapat melihat hilal kemungkinan diperkirakan karena ada beberapa sebab antara lain: 1. Banyaknya kabut di sekitar menara rukyatul hilal karena mendung dan lain sebagainya. Dalam kesempatan tersebut ketua MUI yang diwakili oleh KH. M. HUSNAN DIMYATI, S.Ag menyatakan, penentuan 1 Ramadhan menggunakan hisab jatuh pada tanggal 15 Mei 2018. Sedangkan melalui rukyatul hilal, 1 Ramadhan 1439 H jatuh pada 17 Mei 2018. Ada perbedaan di sana.

Semoga kegiatan seperti ini terus berkesinambungan dan menjadi tambahan wawasan serta bermanfaat pada mahasiswa/i Prodi Ahwal Syakhsiyyah STAI Al Hikmah Tuban. Dengan keterlibatan mahasiswa Prodi Ahwal Syakhsiyyah secara langsung di lokasi rukyatul hilal Tuban ini diharapkan mahasiswa nantinya setelah lulus mampu dan sudah siap di bidang ini. Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *