PPL singkatan dari Praktik pengalaman Lapangan. PPL merupakan salah satu pelatihan profesional tenaga pendidik/guru. PPL termasuk mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa program kependidikan, salah satunya Program Studi Pendidikan Islam Anak Uisa Dini (PIAUD).   PPL menjadi kegiatan mahasiswa yang menyangkut pembinaan dan pelatihan kemampuan profesional guru dan tugas-tugas kependidikan lainnya serta tugas tugas-tugas di luar kependidikan secara terbimbing dan terpadu, guna memenuhi persyaratan profesi kependidikan dan nonkependidikan yang telah ditetapkan secara institusional.

Mahasiswa PPL biasa disebut sebagai praktikan. PPL yang diadakan oleh Prodi PIAUD STAI Al Hikmah bertujuan untuk membentuk mahasiswa dalam memiliki kepribadian sebagai guru kelas di RA/TK, KB/PG maupun lembaga lain yang kesemuanya masih diruang lingkup PAUD. Hakikatnya, praktikan dituntuk untuk mampu menampilkan kemampuan sosial, kemampuan keguruan secara utuh dan integratif di depan peserta didik secara nyata.

PPL Prodi PIAUD STAI Al Hikmah Tuban Tahun Pelajaran 2017/2018 ditempatkan di dua lembaga PAUD. diantaranya TK Muslimat NU 20 Kedungjambe, dan TK Muslimat NU 07 Laju Kidul. Kedua tempat PPL ini berada di kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. pemilihan tempat praktikan berdasarkan pertimbangan yang dilakukan oleh ka.prodi PIAUD yang bernama Ibu Laily Hidayati, M.Psi., Psikolog. PPL ini dimulai sejak 10 September hingga 10 Oktober 2018.

TK Muslimat NU 20 Kedungjambe dikepalai oleh Ibu Lilik Nurhayati, S.Pd. Adapun TK Muslimat NU 07 lajukidul dikepalai oleh Ibu Hj.Nur Zakiah, S.Pd. Kedua lembaga ini merupakan sekolah PAUD yang berbasis sentra. Sentra alam, sentra persiapan, sentra bangunan, sentra eksplor, sentra iman, dan sentra seni.

Jumlah praktikan PPL adalah 6 mahasiswa. Mereka merupakan angkatan pertama di Prodi PIAUD STAI Al Hikmah Tuban yang terdiri atas Alifatul Ummah, Liniswati, Partini, Ud’iyyatun Nafiroh, Umi Afidah Wafiyatuttuqo, dan Iva Daniatur Rohmah. Keenam praktikan tersebut didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang bernama Zulfatun Anisah, M.Pd.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *