Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hikmah Tuban menyelenggarakan wisuda Sarjana Strata Satu (S1) angkatan IV untuk mahasiswa/i yang telah menyelesaikan studinya sebanyak 65 mahasiswa. Melalui sidang senat terbuka tahun akademik 2017/2018, STAI Al Hikmah Tuban mewisuda 65 orang mahasiswanya Minggu (04/11/2018) di Halaman Kampus STAI Al Hikmah Tuban.

Wisuda ini dihadiri Sekretaris Kopertais IV Wilayah Surabaya, Dr. H.M. Yunus Abu Bakar, M.Ag, Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Tuban Drs. Nur Khamid, M.Pd, Ketua STAI Al Hikmah Tuban Hj. Nurotun Mumtahanah, S.Ag., M.PdI, Ketua Yayasan Al Hikmah Tuban KH. M. Husnan Dimyati, S.Ag, serta para tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua STAI Al Hikmah Tuban, Hj. Nurotun Mumtahanah, S.Ag., M.PdI menyampaikan bahwa pendidikan memiliki nilai penting dalam kehidupan. Untuk itu ia berharap kepada 65 mahasiswa/I yang diwisuda dapat memberikan contoh dalam membangun moralbagi generasi yang ada di Kabupaten Tuban. Sehingga dengan pendidikan ia akan melahirkan kualitas generasi bangsa yang dapat bersaing dalam pembangunan bangsa”, ujarnya. Lebih lanjut dia menjelaskan, berbagai kompetensi yang dimiliki para wisudawan diharapkan dapat merespons kebutuhan sekaligus menjawab persoalan masyarakat. Dengan begitu, masyarakat benar benar merasakan manfaatnya.

Ketua Panitia Pelaksana Moh. Agus Sifa’, SE., MM mengemukakan, wisuda tahun ini diikuti 65 orang yang berasal dari dua program studi (prodi). Sebanyak 53 wisudawan dari Prodi MPI Jurusan Tarbiyah dan 12 wisudawan dari Ahwal Syakhsiyah Jurusan Syariah. Wisudawan terbaik Prodi MPI adalah Abdul Haris Anshori dengan IPK 3,90. Wisudawan terbaik Prodi Ahwal Syakhsiyah yaitu Ahmat Sultoni dengan IPK 3,87.

Dikatakan, wisuda bukan berarti selesainya perjuangan justru menjadi titik awal perjuangan bagi lulusan STAI Al Hikmah Tuban untuk berkiprah di tengah masyarakat. ”Kini saatnya para wisudawan mengabdikan diri dan memberikan kontribusi terbaik kepada masyarakat.”

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban Drs. Nur Khamid, M.Pd, yang hadir dalam kesempatan itu mengapresiasi STAI Al Hikmah Tuban yang telah memberikan kontribusi besar kepada pemerintah. Dalam kesempatan itu, dia juga mengapresiasi STAI Al Hikmah Tuban yang telah membantu pemerintah dalam mencerdaskan bangsa. Ke depan peran tersebut diharapkan bisa lebih baik seiring dengan peningkatan kualitas pendidikannya. ”Wisudawan STAI Al Hikmah Tuban harus menjadi sarjana yang tangguh, kreatif, penuh idealisme sekaligus berperan besar dalam pembangunan”. tuturnya

Terlebih dalam kiprahnya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) STAI Al Hikmah Tuban telah menghasilkan banyak alumnus berkualitas yang sukses berkiprah di berbagai bidang, baik sektor formal maupun nonformal.

Selanjutnya, dalam sambutan singkatnya Sekretaris Kopertais IV Wilayah Surabaya, Dr. H.M. Yunus Abu Bakar, M.Ag, menjelaskan bahwa tugas Kopertais merupakan penghubung antara Pemerintah dengan Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta dalam hal pengawasan, pengendalian dan pengembangan terhadap dunia pendidikan khususnya di Perguruan Tinggi.

Untuk STAI Al Hikmah Tuban merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang Terakreditasi. Hal ini menunjukkan bahwa kemajuan Pendidikan khususnya di Kabupaten Tuban semakin pesat meskipun letaknya di pelosok desa dan jauh dari perkotaan. Dirinya juga berharap kedepannya para lulusan STAI Al Hikmah Tuban untuk terus belajar dalam memperdalam bidang ilmu yang dimiliki, sehingga kualitas-kualitas tenaga pendidik khususnya Pendidikan Islami, dapat bersaing dengan daerah-daerah lainnya”. Ujarnya

Beliau mengapresiasi dan mendukung akan niat baik Ketua STAI Al Hikmah Tuban untuk perubahan alih status menuju Institut bahkan mendorong untuk lebih tinggi dari itu yaitu perubahan menuju Universitas. “Kopertais Wilayah IV siap memfasilitasi perwujudan niat tersebut”. Tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *